Sabtu, 08 Oktober 2011

Pengertian individu

 Arti Individu
Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya yang tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.

Menurut pendapat Dr. A. Lysen kata individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai suatu kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan.Jadi, indivudu merupakan manusia perseorangan atau suatu makhluk yang sebagai kesatuan terbatas.

Biasanya kita sering mendengar kata ‘individu yang satu dengan yang lainnya berbeda’ itu dimaksudkan bahwa tiap manusia memiliki kesatuan dan keterbatasan yang berbeda pula satu sama lain. Batasan inilah yang membedakan tiap individu.

Dapat di simpulkan bahwa individu adalah  seseorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas dalam lingkungan sosialnyamelainkan juga mempunyai kepribadian serta pola dan tingkah laku spesifik dari dirinya.individu dalam tingkah  lakunya menurut polapribadinya ada 3 kemungkinan menyimpang dari norma kolektif kehilangan individualitas atau takluk terhadap kolektif.

Pengertian pertumbuhan
Ada beberapa pendapat tentang para ahli tentang arti pertumbuhan, namun di akui bahwa pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kea rah yang lebih maju dan lebih dewasa.
Perubahan ini disebut juga dengan proses.
Menurut para ahli yang menganut asosiasi berpendapat bahwa pertumbuhan pada dasarnya adal proses asosiasi.dapat di rumuskansuatu pengertian tentang proses asosiasi yaitu terjadinyaperubahan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalaman yang menimbulkan sensations maupun pengalaman dalam mengenai keadaan batin sendiri yang menimbulkan reflexsionis.



Factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan
Factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan ada tiga golongan
·         Pendirian nativistik
Menurut para ahli dari golongan berpendapat,bahawa pertumbuhan individu itu semata mata ditentukan oleh factor factor yang dibawa sejak lahir.
·         Pendirian empiristik dan enviromentalistik
Pendirian ini berlawanan dengan nativistik.para ahli berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata mata tergantung pada lingkungan sedang dasar  tidak  tidak berperan sama sekali
·         Pendirian konvergensi dan interaksionisme


Pengertian keluarga
Keluarga adalah satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok terkecil.keluarga pada umumnya, diketahui terdiri dari suami dan istri yang selalu berusaha menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi suka maupun duka dalam hidup.
Keluarga biasanya terdiri dari suami.istri dan anak anak. Anak anak inilah yang berkembang dan mulai bisa mengenal  melihat dan mengenal arti diri sendiri dan kemudian belajar  dari pengalam itu.keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun di dalam masyarakat.
Pengertian fungsi keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu perkerjaaan atau tugas tugas yang harus di kerjakan didalam atau dikeluarga itu.
Macam macam fungsi keluarga
Macam macam fungsi keluarga dapat digolongakan dalam beberapa fungsi,yaitu :

·         Fungsi biologis
           Dengan fungsi ini agar keluarga dapat menyelengarakan persiapan persiapan   perkawinan  bagi anak anaknya.karena dengan perkawinan akan terjadi proses  kelangsungan  keturunan.dengan persiapan cukup dan matang ini dapat mewujudkan suatu bentuk kehidupan rumah tangga yang baik dan harmonis.

·         Fungsi pemeliharaan
          Keluarga di wajibkan agar setiap anggotanya terlindungi dari gangguan gangguan sebagai berikut :
1.      Gangguan dari udara dengan berusaha menyediakan rumah
2.      Gangguan penyakit dengan berusaha menyediakan obat obatan
3.      Gangguan bahaya dengan menyediakan senjata atau pagar tembok

·          Fungsi ekonomi
Keluarga berusaha menyelenggarakan kebutuhan manusia yang pokok yaitu :
1.      Kebutuhan makan dan minum
2.      Kebutuhan pakaian untuk menutup tubuhnya
3.      Kebutuhan tempat tinggal.

·         Fungsi keagamaan
          Keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mendalami serta mengamalkan ajaran-ajaran agama kepada setiap anggotanya sebagai manusia yang taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Fungsi Sosial
Dengan fungsi ini kebudayaan yang diwariskan itu adalah kebudayaan yang telah dimiliki oleh generasi tua, yaitu ayah dan ibu, diwariskan kepada anak-anaknya dalam bentuk antara lain sopan santun, bahasa, cara bertingkah laku, ukuran tentang baik burukna perbuatan dan lain-lain.
Dengan fungsi ini keluarga berusaha untuk mempersiapkan anak-anaknya bekal-bekal selengkapnya dengan memperkenalkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan-perananyang diharapkan akan mereka jalankan keak bila dewasa. Dengan demikian terjadi apa yang disebut dengan istilah sosialisasi.
Fungsi-fungsi keluarga dalam sosial meliputi beberapa hal sebagai berikut:
  1. · Pembentukan kepribadian 
  2.    Sebagai alat reproduksi 
  3.    Keluarga merupakan eksponen dari kebudayaan masyarakat   
  4.    Sebagai lembaga perkumpulan perekonomia 

    Keluarga berfungsi
                sebagai pusat pengasuhan dan pendidikan
                Membina anak dalam bersosialisas
·                        Meneruskan nilai-nilai budayanya.

Fungsi Pendidikan
·                     Menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan dan membentuk perilaku anak
·                     Mempersiapkan anak untuk masa depannya.



NAMA  : YUSRI ABDUL MAJID
KELAS : 1KA 37
NPM     : 18111748





Tidak ada komentar:

Posting Komentar